Tidak Seperti Dulu, Daftar Twitter dan Instagram Kini Makin Sulit

ratuseo.com – Jika kita kembali ke masa dulu 10 tahunan yang lalu sekitar tahun 2010-2011 kita bisa dengan mudah daftar sosial media twitter, facebook dan instagram hanya dengan bermodal email saja. Kita juga bisa buat banyak akun sosial media tersebut dengan email berbeda tanpa dipersulit, namun kini sudah tidak bisa lagi kalaupun bisa harus melalui syarat tertentu. Syarat wajibnya ialah dengan nomor handphone, tanpa ada nomer hp tidak akan bisa buat akun untuk akses ke sosial media walaupun pada beberapa kasus untuk akun lama yang tidak pakai nomor hp masih bisa login dan mengakses sosial media.

masukkan nomor hp

Sekarang ini bisa disebut eranya mobile, apa apa bisa dilakukan dengan gadget atau ponsel pintar. Oleh sebab itulah nomor seluler begitu penting perannya di jaman ini, sebuah nomor seluler bisa menggantikan peran email juga bahkan dapat pula untuk bertransaksi kirim uang hanya dengan sebuah perintah dari pesan singkat sms yang biasa disebut m-banking atau mobile banking.

Tidak Seperti Dulu, Daftar Twitter dan Instagram Kini Makin Sulit

Berawal dari keinginan untuk aktif menulis di blog ini, saya pun berencana membuatkan fans page blog ini di media sosial. Rencananya setiap artikel nantinya akan saya share di tiap akun sosmed yang khusus dibuat untuk blog ini. Namun untuk mendatar sosmed sudah tidak seperti dulu lagi, sudah banyak perubahan dalam kebijakannya.

Saya selaku admin blog ratuseo.com menulis artikel ini pada awalnya didasari oleh kesalnya saya saat mecoba daftar akun sosial media instagram dan twitter. Kedua sosmed ini tidak bisa daftar hanya dengan bermodalkan email saja, namun juga harus memasukkan nomor hp.

Mungkin kebijakan pakai nomor ponsel ini didasari atas nama “demi keamanan akun pengguna” ya. Namun disamping itu juga memang ada faktor lain yakni untuk menekan jumlah satu orang punya banyak akun. Seperti yang kita tahu jika hanya mengandalkan email saja untuk proses pendaftarannya, orang dapat memanfaatkan situs disposable email atau email fiktif untuk buat banyak akun sosmed guna tujuan dan maksud tertentu seperti promosi.

Dari dulu jika mendaftar apapun secara online bila diminta nomer hp, saya cukup keberatan. Bukannya apa apa sih hanya saja dalam pikiran saya bagaimana agar nomer hp tidak terlalu publik, tidak terlalu terseber di internet guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Namun apa daya dulu dan sekarang berbeda, sekarang diharuskan memasukkan nomor hp. Meskipun media sosial facebook untuk akun yang lama hingga saat ini tidak diminta nomor hp (setidaknya hingga tulisan ini dibuat). Namun berbeda dengan twitter, saya mempunyai akun twitter lama begitu login langsung diminta nomor hp. Kalau instagram dari dulu saya memang tidak buat ya tidak memiliki akun, instagram yang lebih populer di sebut IG saat daftar juga harus memasukkan nomer hape.

Okelah.. dengan nomor tidak masalah, tapi kok…

Na, ini inti dari masalah yang membuat saya kesal, bagaimana tidak merasa kesal sudah memasukkan nomor hp tapi di tolak terus. Hingga tulisan ini dibuat saya belum bisa membuat akun twitter dan instagram. Selalu muncul error saat sudah memasukkan nomor handphone yang diminta, lihat gambar dibawah untuk pesan errornya.

masukkan nomor hp

Begitulah pesan error yang saya dapat ketika sudah memasukkan nomor handphone, kalau di artikan dalam bahasa indonesia kira kira begini bunyinya : “Ada kesalahan teknis, anda telah melampaui batas jumlah percobaan yang diizinkan untuk memverifikasi ponsel anda. silahkan coba lagi nanti“.

Selang satu hari atau dihari berikutnya saya coba lagi verifikasi nomor hp namun pesan serupa tetap saja muncul. Bingung mau bagaimana lagi.

Oh ya ini pendaftaran baru twitter yang saya coba belum instagram yang juga mengharuskan pakai nomor handphone. Untuk facebook masih pakai akun yang lama yang masih tidak menggunakan nomor ponsel.

Dan pendaftaran juga masih saya coba lakukan melalui browser via pc dan broser via hp. Masih belum menggunakan aplikasi yang ada di playstore. Mungkin saja menggunakan aplikasi lebih dipermudah ya, semoga saja. sekian.